TUGAS MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
TENTANG
OBSERVASI SUMBER DAYA MANUSIA DI SMKN 6 SURABAYA
Oleh :
Achmad Andriawan (098554263)
Yusril Rosyid Kurniawan (098554280)
Bangun P (098554304)
Eva Yuliana (098554309)
Dema Agustina (098554322)
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS EKONOMI
PRODI TATA NIAGA
2011
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa kami panjatkan, karena atas karunia dan rahmatnya, maka penyusunan makalah ini dapat diselesaikan dengan baik dan lancar.
Harapan saya makalah ini dapat menjadi tugas yang sesuai kriteria dosen. Dengan selesainya makalah ini tidak terlepas dari kerja keras kami dan sumber-sumber referensi sebagai acuan penulisan dan kami hanya dapat menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang ikut berpartisipasi.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih terdapat banyak kekurangan untuk itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dan demi perbaikan penyusunan makalah ini dimasa mendatang mohon saran dan masukan untuk melengkapinya.
Surabaya, 10 November 2011
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Manajemen Sumber Daya Manusia diperlukan untuk meningkatkan efektivitas sumber daya manusia dalam organisasi. Tujuannya adalah memberikan kepada organisasi satuan kerja yang efektif. Untuk mencapai tujuan ini, studi tentang manajemen personalia akan menunjukkan bagaimana seharusnya suatu organisasi mendapatkan, mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi, dan memelihara sumber daya manusia dalam jumlah (kuantitas) dan tipe (kualitas).
Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Menurut A.F. Stoner manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.
Dalam makalah ini di bahas tentang manajemen sumber daya manusia di sebuah organisasi sekolah. SMKN 6 Surabaya adalah salah satu SMK unggulan di Surabaya yang berlokasi di Jl.Margorejo Indah, SMKN 6 mempunyai jurusan anatara lain akomodasi perhotelan, jasa pariwisata, jasa boga, patiseri, kecantikan kulit, kecantikan rambut, tata busana, dan multimedia. Di antara jurusan tersebut terdapat jurusan yang paling menonjol atau jurusan favorit yaitu akomodasi perhotelan dam multimedia. SMKN 6 Surabaya mempunyai 26 pagu, yang setiap pagunya menampung 36 siswa.
1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang yang ada di atas maka penulis mencoba mengidentifikasi masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana proses manajemen sumber daya manusia yang dilaksanakan di SMKN 6 Surabaya?
1.3 Maksud dan Tujuan
Maksud dibuatnya makalah ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses manajemen sumber daya manusia yang dilaksanakan di SMKN 6 Surabaya. Sedangkan tujuan dibuatnya makalah ini adalah memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia.
BAB II
HASIL OBSERVASI DAN PEMBAHASAN
HASIL OBSERVASI DAN PEMBAHASAN
SMKN 6 Surabaya adalah salah satu SMK unggulan di Surabaya yang berlokasi di Jl.Margorejo Indah, SMKN 6 mempunyai jurusan anatara lain akomodasi perhotelan, jasa pariwisata, jasa boga, patiseri, kecantikan kulit, kecantikan rambut, tata busana, dan multimedia. Di antara jurusan tersebut terdapat jurusan yang paling menonjol atau jurusan favorit yaitu akomodasi perhotelan dam multimedia. SMKN 6 Surabaya mempunyai 26 pagu, yang setiap pagunya menampung 36 siswa.
2.1 JURUSAN DI SMKN 6 SURABAYA
2.1.1 Akomodasi Perhotelan
Tujuan program keahlian Akomodasi Perhotelan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
- Melaksanakan pekerjaan di lingkup Front Office sebagai Reception, Reservation, Telephone Operator, dan Porter;
- Melaksanakan pekerjaan di lingkup Housekeeping sebagai Public Area Attendant, Room Attendant, Order Taker, Linen & Uniform Attendant dan Laundry Attendant.
STRUKTUR KURIKULUM
Bidang Keahlian : PARIWISATA
Program Keahlian : Akomodasi Perhotelan
Lama Pendidikan : 3 tahun
Program Keahlian : Akomodasi Perhotelan
Lama Pendidikan : 3 tahun
KOMPONEN | DURASI (jam) |
A. MATA PEJARAN | |
I. PROGRAM NORMATIF: | |
1. Pendidikan Agama | 192 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 192 |
3. Bahasa Indonesia | 192 |
4. Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan | 192 |
5. Seni Budaya | 128 |
| 896 |
II. PROGRAM ADAPTIF: | |
1. Matematika | 330 |
2. Bahasa Inggris | 440 |
3. IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) | 192 |
4. IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) | 128 |
5. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) | 202 |
6. Kewirausahaan | 192 |
| 1.484 |
III. PROGRAM PRODUKTIF: | |
1. Bekerja dengan teman kerja dan pelanggan | 20 |
2. Bekerja di lingkungan yang berbeda secara sosial | 20 |
3. Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja | 40 |
4. Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan industri perhotelan | 60 |
5. Berkomunikasi melalui telepon | 60 |
6. Menerima dan memproses reservasi | 160 |
7. Menyediakan layanan akomodasi reception | 160 |
8. Menyediakan layanan porter | 60 |
9. Membersihkan lokasi/area peralatan | 160 |
10. Menyediakan kamar untuk tamu | 160 |
11. Menyediakan layanan housekeeping untuk tamu | 60 |
12. Menangani linen dan pakaian tamu | 100 |
| |
B. MUATAN LOKAL | |
- Bahasa Mandarin | 192 |
| |
C. PENGEMBANGAN DIRI | |
- Bimbingan Konseling | 192** |
- English Conversation CluB | |
| 1.252 |
| |
JUMLAH: | 3.632 |
Keterangan:
1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit.
2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di
sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen
dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan
selama 4 sampai dengan 6 bulan.
3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam
satu tahun pelajaran.
4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan
program keahlian.
5. ** : tidak dihitung dalam penjumlahan jam pelajaran.
1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit.
2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di
sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen
dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan
selama 4 sampai dengan 6 bulan.
3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam
satu tahun pelajaran.
4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan
program keahlian.
5. ** : tidak dihitung dalam penjumlahan jam pelajaran.
2.1.2 Usaha Perjalanan Wisata
Tujuan program keahlian Usaha Perjalanan Wisata membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
- Melaksanakan pekerjaan di lingkup Front Office sebagai Reception, Reservation, Telephone Operator, dan Porter;
- Melaksanakan pekerjaan di lingkup Housekeeping sebagai Public Area Attendant, Room Attendant, Order Taker, Linen & Uniform Attendant dan Laundry Attendant;
- Melaksanakan pekerjaan di lingkup Food and Beverage Produck sebagai pengolah dan penyaji makanan dan minuman (Cook Helper);
- Melaksanakan pekerjaan di lingkup Food and Beverage Service sebagai penyaji makanan dan minuman (Waiter).
STRUKTUR KURIKULUM
Bidang Keahlian : PARIWISATA
Program Keahlian : Usaha Perjalanan Wisata
Lama Pendidikan : 3 tahun
Program Keahlian : Usaha Perjalanan Wisata
Lama Pendidikan : 3 tahun
KOMPONEN | DURASI (jam) |
A. MATA PEJARAN | |
I. PROGRAM NORMATIF: | |
1. Pendidikan Agama | 192 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 192 |
3. Bahasa Indonesia | 192 |
4. Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan | 192 |
5. Seni Budaya | 128 |
| 896 |
II. PROGRAM ADAPTIF: | |
1. Matematika | 330 |
2. Bahasa Inggris | 440 |
3. IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) | 192 |
4. IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) | 128 |
5. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) | 202 |
6. Kewirausahaan | 192 |
| 1.484 |
III. PROGRAM PRODUKTIF: | |
1. Melaksanakan kerjasama dengan kolega dan pelanggan | 20 |
2. Melaksanakan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang berbeda | 20 |
3. Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja | 60 |
4. Menangani konflik konsumen perhotelan | 40 |
5. Memutakhirkan informasi industri pariwisata | 40 |
6. Memperbaharui informasi tentang daerah setempat (lokal) | 80 |
7. Melakukan komunikasi melalui telepon | 120 |
8. Melakukan prosedur administrasi | 80 |
9. Menyediakan informasi dan saran mengenai daerah tujuan wisata | 100 |
10. Menyusun laporan keuangan | 140 |
11. Memproses reservasi jasa penerbangan udara | 160 |
12. Mengoperasikan Computerized Reservation System (CRS) | 80 |
13. Menerbitkan tiket penerbangan domestik | 100 |
14. Menerbitkan tiket penerbangan internasional (normal dan promosi) | 80 |
15. Memproses dokumen perjalanan selain dokumen perjalanan udara | 40 |
16. Mengkoordinasikan jasa-jasa pemasok | 40 |
17. Menginterpretasikan informasi produk wisata | 20 |
18. Mengemas produk dan jasa pariwisata | 20 |
19. Menyiapkan penawaran harga paket wisata | 20 |
20. Memutakhirkan informasi umum bagi pramuwisata | 20 |
21. Melaksanakan tugas kepramuwisataan | 20 |
22. Menyiapkan bantuan kedatangan dan keberangkatan | 20 |
23. Mengelola perjalanan wisata | 20 |
24. Mempresentasikan komentar pemanduan wisata | 20 |
| |
B. MUATAN LOKAL | |
- Bahasa Mandarin | 192 |
| |
C. PENGEMBANGAN DIRI | |
- Bimbingan Karir, Grooming, English Conversation Club | 192** |
| 1.412 |
| |
JUMLAH: | 3.792 |
Keterangan:
1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit.
2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di
sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen
dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan
selama 4 sampai dengan 6 bulan.
3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam
satu tahun pelajaran.
4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan
program keahlian.
5. ** : tidak dihitung dalam penjumlahan jam pelajaran.
1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit.
2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di
sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen
dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan
selama 4 sampai dengan 6 bulan.
3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam
satu tahun pelajaran.
4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan
program keahlian.
5. ** : tidak dihitung dalam penjumlahan jam pelajaran.
2.1.3 Patiseri Tujuan program keahlian Patiseri membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
STRUKTUR KURIKULUM Bidang Keahlian : TATA BOGA Program Keahlian : Patiseri Lama Pendidikan : 3 tahun
Keterangan: 1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit. 2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan selama 4 sampai dengan 6 bulan. 3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam satu tahun pelajaran. 4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan program keahlian. |
2.1.4 Restoran
Tujuan program keahlian Restoran membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
- Mengolah dan menyajikan makanan kontinental yang terdiri dari makanan pembuka, makanan utama, dan makanan penutup;
- Mengolah dan menyajikan makanan Indonesia yang terdiri dari makanan pembuka, makanan pokok, lauk pauk, dan makanan penutup;
- Melayani makan dan minum baik di restoran maupun di kamar tamu, serta menata meja makan dan meja prasmanan;
- Mengolah dan menyajikan aneka minuman non-alkohol;
- Mengorganisir operasi pelayanan makan dan minum di restoran.
STRUKTUR KURIKULUM
Bidang Keahlian : TATA BOGA
Program Keahlian : Restoran
Lama Pendidikan : 3 tahun
Program Keahlian : Restoran
Lama Pendidikan : 3 tahun
KOMPONEN | DURASI (jam) |
A. MATA PEJARAN | |
I. PROGRAM NORMATIF: | |
1. Pendidikan Agama | 192 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 192 |
3. Bahasa Indonesia | 192 |
4. Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan | 192 |
5. Seni Budaya | 128 |
| 896 |
II. PROGRAM ADAPTIF: | |
1. Matematika | 330 |
2. Bahasa Inggris | 440 |
3. IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) | 192 |
4. IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) | 128 |
5. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) | 202 |
6. Kewirausahaan | 192 |
| 1.484 |
III. PROGRAM PRODUKTIF: | |
1. Melaksanakan prosedur hygiene di tempat kerja | 20 |
2. Membersihkan lokasi area kerja dan peralatan | 20 |
3. Memberikan pertolongan pertama | 20 |
4. Mengorganisir dan menyiapkan makanan | 60 |
5. Menyajikan makanan | 40 |
6. Menggunakan metode dasar memasak | 100 |
7. Menyiapkan stock dan sauce | 60 |
8. Menyiapkan Soup | 60 |
9. Menyiapkan appetizer dan salad | 60 |
10. Menyediakan layanan makanan dan minuman | 100 |
11. Menyiapkan dan membuat bumbu | 40 |
12. Menyiapkan dan membuat salad (gado-gado, urap, rujak) | 20 |
13. Menyiapkan dan membuat kaldu dan soto | 20 |
14. Menyiapkan dan membuat hidangan nasi dan mie | 40 |
15. Menyiapkan sandwich | 20 |
16. Menyiapkan hidangan yang dibuat dari sayuran, telurdan produk pasta | 40 |
17. Menyiapkan dan memasak unggas dan binatang buruan | 40 |
18. Menyiapkan dan memasak seafood | 40 |
19. Mengidentifikasi dan menyiapkan daging | 40 |
20. Merencanakan hidangan harian untuk meningkatkan kesehatan | 60 |
21. Menyediakan room service | 40 |
22. Menyiapkan dan menghidangkan minuman non-alkohol | 40 |
23. Menyiapkan dan membuat sate/jenis makananan yang dipanggang | 40 |
24. Menerima dan menyimpan persediaan makanan | 20 |
25. Menyiapkan dessert yang disajikan panas dan dingin | 40 |
26. Merencanakan dan menyiapkan makanan untuk buffet | 40 |
27. Memilih sistem usaha jasa boga | 20 |
28. Merencanakan dan mengontrol usaha boga berdasarkan menu | 40 |
29. Menyediakan penghubung antara dapur dan area pelayanan | 100 |
| 1.280 |
| |
JUMLAH: | 3.660 |
Keterangan:
1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit.
2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di
sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen
dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan
selama 4 sampai dengan 6 bulan.
3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam
satu tahun pelajaran.
4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan
program keahlian.
1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit.
2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di
sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen
dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan
selama 4 sampai dengan 6 bulan.
3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam
satu tahun pelajaran.
4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan
program keahlian.
Chef : Siswa jurusan tata boga menunjukkan keahliannya dalam mengolah makanan dalam suatu perlombaan.
2.1.5 Tata Busana
Tujuan program keahlian Tata Busana membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
• Mengukur, membuat pola, menjahit dan menyelesaikan busana;
• Memilih bahan tekstil dan bahan pembantu secara tepat;
• Menggambar macam-macam busana sesuai kesempatan;
• Menghias busana sesuai desain;
• Mengelola usaha di bidang busana.
• Mengukur, membuat pola, menjahit dan menyelesaikan busana;
• Memilih bahan tekstil dan bahan pembantu secara tepat;
• Menggambar macam-macam busana sesuai kesempatan;
• Menghias busana sesuai desain;
• Mengelola usaha di bidang busana.
STRUKTUR KURIKULUM
Bidang Keahlian : TATA BUSANA
Program Keahlian : Tata Busana
Lama Pendidikan : 3 tahun
Program Keahlian : Tata Busana
Lama Pendidikan : 3 tahun
KOMPONEN | DURASI (jam) |
A. MATA PEJARAN | |
I. PROGRAM NORMATIF: | |
1. Pendidikan Agama | 192 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 192 |
3. Bahasa Indonesia | 192 |
4. Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan | 192 |
5. Seni Budaya | 128 |
| 896 |
II. PROGRAM ADAPTIF: | |
1. Matematika | 330 |
2. Bahasa Inggris | 440 |
3. IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) | 192 |
4. IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) | 128 |
5. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) | 202 |
6. Kewirausahaan | 192 |
| 1.484 |
III. PROGRAM PRODUKTIF: | |
1. Memberikan layanan secara prima kepada pelanggan (customer care) | 40 |
2. Melakukan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang beragam (customer care) | 40 |
3. Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja (OH & S) | 60 |
4. Menggambar busana | 240 |
5. Memilih/membeli bahan baku busana | 40 |
6. Mengukur tubuh | 40 |
7. Membuat pola busana teknik konstruksi | 240 |
8. Melakukan pengepresan | 100 |
9. Menjahit dengan mesin | 500 |
10. Menyelesaikan busana dengan jahitan tangan | 60 |
11. Membuat hiasan busana | 100 |
12. Melakukan penyelesaian akhir busana | 100 |
13. Memelihara alat jahit | 40 |
14. Memotong bahan | 80 |
15. Membuat pola busana konstruksi diatas kain | 40 |
16. Membuat pola dasar teknik drapping | 80 |
17. Membuat pola busana teknik kombinasi | 40 |
| |
B. MUATAN LOKAL | |
- Batik | 96 |
- Bordir | 96 |
| |
C. PENGEMBANGAN DIRI | |
- Pengelolaan Usaha | 120 |
- Peragaaan Busana | 72 |
| |
JUMLAH: |
Keterangan:
1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit.
2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di
sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen
dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan
selama 4 sampai dengan 6 bulan.
3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam
satu tahun pelajaran.
4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan
program keahlian.
1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit.
2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di
sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen
dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan
selama 4 sampai dengan 6 bulan.
3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam
satu tahun pelajaran.
4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan
program keahlian.
Cantik dan Anggun : Para model dari SMKN 6 Surabaya unjuk kebolehan dalam aksi panggung yang memamerkan hasil design busana karya siswa SMKN 6.
2.1.6 Tata Kecantikan Rambut
Program keahlian Tata Kecantikan Rambut membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
1. Menerapkan pengetahuan Anatomi dan Fisiologi Kecantikan ;
2. Menentukan Kosmetika Kecantikan;
3. Merawat kulit wajah;
4. Merias wajah;
5. Merawat kulit kepala dan rambut secara kering;
6. Merawat tangan dan kaki (menicure dan pedicure);
7. Merawat tubuh;
8. Mengelola Salon Kecantikan Kulit.
2. Menentukan Kosmetika Kecantikan;
3. Merawat kulit wajah;
4. Merias wajah;
5. Merawat kulit kepala dan rambut secara kering;
6. Merawat tangan dan kaki (menicure dan pedicure);
7. Merawat tubuh;
8. Mengelola Salon Kecantikan Kulit.
STRUKTUR KURIKULUM
Bidang Keahlian : TATA KECANTIKAN RAMBUT
Program Keahlian : Tata Kecantikan Rambut
Lama Pendidikan : 3 tahun
Program Keahlian : Tata Kecantikan Rambut
Lama Pendidikan : 3 tahun
KOMPONEN | DURASI (jam) |
A. MATA PEJARAN | |
I. PROGRAM NORMATIF: | |
1. Pendidikan Agama | 192 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 192 |
3. Bahasa Indonesia | 192 |
4. Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan | 192 |
5. Seni Budaya | 128 |
| 896 |
II. PROGRAM ADAPTIF: | |
1. Matematika | 330 |
2. Bahasa Inggris | 440 |
3. IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) | 192 |
4. IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) | 128 |
5. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) | 202 |
6. Kewirausahaan | 192 |
| 1.484 |
III. PROGRAM PRODUKTIF: | |
1. Anatomi dan Fisiologi Kecantikan | 60 |
2. Kosmetika | 30 |
3. Desain kecantikan | 60 |
4. Mencuci rambut | 30 |
5. Merawat kulit kepala & rambut | 30 |
6. Mengeringkan rambut dengan alat pengering | 60 |
7. Memangkas rambut | 230 |
8. Melakukan pra tata | 100 |
9. Melakukan penataan rambut (styling) | 60 |
10. Mengeriting rambut | 130 |
11. Merawat dan membentuk hairpiece | 30 |
12. Menata sanggul / Upstyle | 100 |
13. Menata sanggul daerah | 100 |
14. Memangkas rambut dengan teknik Barber | 30 |
15. Mewarnai rambut | 60 |
16. Meluruskan rambut (smoothing) | 30 |
17. Meluruskan rambut (rebounding) | 30 |
18. Menjual produk dan jasa kecantikan | 30 |
19. Membangun dan mengelola hubungan kerja yang efektif di tempat kerja | 30 |
20. Merawat kulit wajah | 60 |
21. Merias wajah sehari-hari | 60 |
22. Merawat tangan, kaki, dan kuku | 30 |
| 1.380 |
| |
JUMLAH: | 3.760 |
Keterangan:
1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit.
2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di
sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen
dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan
selama 4 sampai dengan 6 bulan.
3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam
satu tahun pelajaran.
4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan
program keahlian.
1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit.
2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di
sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen
dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan
selama 4 sampai dengan 6 bulan.
3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam
satu tahun pelajaran.
4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan
program keahlian.
Hair Stylist : Para siswa tampak serius dalam menjalani pelatihan tata kecantikan rambut.
2.1.7 Multimedia
Program keahlian Multimedia membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
1. Menerapkan pengetahuan prinsip-prinsip seni grafis;
2. Menguasai gambar 2 dimensi ;
3. Menguasai teknik fotografi;
4. Menampilkan hasil fotografi digital dalam sajian Multimedia;
5. Menguasai web design;
6. Menguasai gambar 3 dimensi.
2. Menguasai gambar 2 dimensi ;
3. Menguasai teknik fotografi;
4. Menampilkan hasil fotografi digital dalam sajian Multimedia;
5. Menguasai web design;
6. Menguasai gambar 3 dimensi.
STRUKTUR KURIKULUM
Bidang Keahlian : MULTIMEDIA
Program Keahlian : Multimedia
Lama Pendidikan : 3 tahun
Program Keahlian : Multimedia
Lama Pendidikan : 3 tahun
KOMPONEN | DURASI (jam) |
A. MATA PEJARAN | |
I. PROGRAM NORMATIF: | |
1. Pendidikan Agama | 192 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 192 |
3. Bahasa Indonesia | 192 |
4. Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan | 192 |
5. Seni Budaya | 128 |
| 896 |
II. PROGRAM ADAPTIF: | |
1. Matematika | 330 |
2. Bahasa Inggris | 440 |
3. IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) | 192 |
4. IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) | 128 |
5. FISIKA | 440 |
6. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) | 202 |
7. Kewirausahaan | 192 |
| 1.484 |
III. PROGRAM PRODUKTIF: | |
1. Merakit PC (Personal Computer) | 60 |
2. Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar | 30 |
3. Menerapkan Prosedure K3 | 60 |
4. Memahami Etimologi Multimedia | 30 |
5. Merawat Peralatan Multimedia | 30 |
6. Memahami Alir Proses Produksi Multimedia | 60 |
7. Menyusun Proposal Penawaran | 230 |
8. Memperbaharui Isi Halaman WEB | 100 |
9. Menerapkan Tek. Pengambilan Gambar Produksi dan Fotografi | 60 |
10. Menerapkan prinsip Seni Grafis dlm Desain Komunikasi Visual | 130 |
11. Menguasai Cara Menggambar Kunci utk Animasi | 30 |
12. Menguasai Cara Menggambar Clean Up dan Sisip | 100 |
13. Menguasai Dasar Animasi Stop Motion (bid. Datar) | 100 |
14. Menggabungkan Teks ke dalam Sajian Multimedia | 30 |
15. Membuat Storyboard Aplikasi Multimedia | 60 |
16. Memahami Cara Penggunaan Peralatan Cahaya | 30 |
17. Menerapkan Efek Khusus pada Objek Produksi | 30 |
| 1.380 |
| |
JUMLAH: | 3.760 |
Keterangan:
1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit.
2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di
sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen
dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan
selama 4 sampai dengan 6 bulan.
3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam
satu tahun pelajaran.
4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan
program keahlian.
1. Alokasi waktu pelajaran per jam @ 45 menit.
2. Beban belajar SMK meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka, praktik di
sekolah dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/indurstri ekuivalen
dengan 40 jam pelajaran per minggu. Praktik kerja di Industri dilaksanakan
selama 4 sampai dengan 6 bulan.
3. Minggu efektif penyelenggaraan pendidikan SMK adalah 38 minggu dalam
satu tahun pelajaran.
4. Lama penyelenggaraan pendidikan SMK tiga tahun sesuai dengan tuntutan
program keahlian.
2.5 PRESTASI SEKOLAH
Bulan Februari 2009 :
• Juara Harapan II Lomba Rias Wajah & Rambut Remaja,
(Dwi Nur Marshafitri III Kecantikan), tingkat kotamadya Surabaya.
Tanggal 9 - 13 Maret 2009 :
• Juara II Lomba Debat Bahasa Inggris (LKS 2009),
(Ralas Jati Pertiwi III Hotel & Restoran), Tingkat Propinsi - Jawa Timur.
• Juara II Lomba Cheff Junior (Masakan Ayam), Sinar - Surabaya.
• Juara II Single Putri - Porseni Tenis Meja Tingkat Jawa Timur (Malang).
• Juara II Double Putri - Porseni Tenis Meja Tingkat Jawa Timur (Malang).
• Juara II Putri - Hockie Antar Pelajar SMA/SMK (Surabaya).
• Juara III Lomba Cheff Junior (Tumpeng), Sinar - Surabaya.
• Juara III Lomba Cheff Junior (Masakan Ikan), Sinar - Surabaya.
• Juara III Festival Olah Bandeng Tingkat Jawa Timur (Surabaya).
• Juara III Putra - Hockie Antar Pelajar SMA/SMK (Surabaya).
• Penghargaan Festival Rujak Uleg Hari Jadi Kotamadya Surabaya.
• Penghargaan Jajanan dari Bahan Pokok Umbi-umbian, Tingkat Jawa Timur
(Universitas Malang).
Siswa Tata Kecantikan:
• Juara I Tata Kecantikan - Lomba Rias Diri Sendiri (Tiara Kusuma),
Tingkat Umum (Plasa Surabaya).
• Juara I Tata Kecantikan - Lomba Rias Diri Sendiri (Tiara Kusuma),
Tingkat Umum (ITC Surabaya).
• Juara I Tata Kecantikan - Lomba Rias Diri Sendiri (Tiara Kusuma),
Tingkat Surabaya (ITC Surabaya).
• Juara II Tata Kecantikan - LKS Tingkat Jawa Timur (Tulungagung).
Guru:
• Juara III Tata Kecantikan - Lomba Rias Diri Sendiri (Tiara Kusuma),
Tingkat Umum (ITC Surabaya).
• Juara Harapan Lomba Rias Diri Sendiri (Tiara Kusuma), Tingkat Umum
(Plasa Surabaya).
Tanggal 2 s.d 15 Agustus 2009 :
• Duta Pertukaran Pelajar ke Korea,
Rizky Kurnia kelas 3 Program Keahlian Hotel Restoran, Busan, Korea.
Tanggal 17 Agustus 2009 :
• TIGA SISWA SEBAGAI ANGGOTA PASKIBRA HUT ke-64 RI,
Sugeng, Muchlis, dan Neny, Pemerintah Kota Surabaya.
Piala dan medali : Foto diatas adalah beberapa penghargaan atas prestasi siswa SMKN 6 Surabaya.
4. Meningkatkan angka animo masyarakat pada tahun ajaran baru 2011/2012 dengan target 150% dari pagu
Perawatan sarana dan prasarana minimal 2 kali pertahun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar